Hadiri Wisuda Unwir, Bupati Nina Minta PT Cetak Lulusan yang Bisa Mendorong Keunggulan Daerah

Saeful

Indramayu – Dukungan terhadap pendidikan di Kabupaten Indramayu terus berlanjut dengan komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Indramayu, baik secara moral maupun materiil.

Hal ini tercermin dalam kehadiran langsung Bupati Indramayu, Nina Agustina, beserta perwakilan perangkat daerah pada acara Wisuda Sarjana dan Magister Gelombang I Tahun 2024 Universitas Wiralodra, yang digelar di Aula Nyi Endang Dharma Ayu, Universitas Wiralodra, Indramayu, Selasa (21/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Nina Agustina mengucapkan selamat kepada 212 wisudawan dan wisudawati yang berhasil menyelesaikan studinya.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Indramayu mengucapkan selamat kepada 212 wisudawan/wisudawati Universitas Wiralodra. Hari ini adalah momen berbahagia sekaligus bukti nyata kerja keras, dedikasi, dan prestasi luar biasa dari setiap wisudawan/wisudawati,” ujar Bupati Nina.

Bupati Nina menegaskan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prioritas dalam kebijakan pembangunan daerah.

Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Indramayu, yaitu Indramayu BERMARTABAT (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Menurutnya, kualitas sumber daya manusia yang baik sangat penting untuk mendorong kesejahteraan masyarakat dan keunggulan daerah.

“Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan. Mereka dituntut untuk mampu membangun sumber daya manusia yang bermartabat dan diperhitungkan dalam persaingan global yang ketat,” lanjutnya.

Menurutnya, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu dan teknologi, mandiri, dan siap berkarya memenuhi kebutuhan pasar kerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Untuk itu, perguruan tinggi diminta untuk meningkatkan mutu lulusan melalui prestasi civitas akademika, dosen, dan mahasiswa. Peningkatan kurikulum berbasis kompetensi yang dapat diaplikasikan di dunia kerja menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian serius.

Bupati Nina juga mengajak seluruh stakeholder, terutama perguruan tinggi, untuk selalu berkolaborasi dan bersinergi dalam kegiatan pembangunan, baik berupa penelitian, pengabdian masyarakat, maupun magang di luar negeri guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan memajukan Indramayu.

“Saya ingin semuanya bisa berkolaborasi untuk pendidikan karena bagaimanapun IPM kita harus naik. Diharapkan dengan terus meningkatnya pendidikan di Kabupaten Indramayu, IPM akan terus meningkat dan Pemerintah akan hadir terutama untuk dunia pendidikan,” tegasnya.

Rektor Universitas Wiralodra, Ujang Suratno, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan serta mencetak lulusan yang berkualitas.

Hal ini sesuai dengan cita-cita tokoh dan pendiri Universitas Wiralodra untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif, terutama di era industri 4.0.

Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Plh Kepala LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan Banten, Agus Supriatna, Wakil Koordinator Kopertis II Jawa Barat, Aan Hasanah, Jajaran Forkopimda Kabupaten Indramayu, Ketua Pembina Yayasan Universitas Wiralodra, Darsono, Ketua Yayasan Universitas Wiralodra, Dudung Indra Ariska, Ketua Senat Universitas Wiralodra, Suharwanto, Rektor Universitas Wiralodra, Ujang Suratno beserta jajaran civitas akademika dan dosen, serta orang tua wisudawan/wisudawati.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer