Bank Sampah Wiralodra Binaan Pertamina Balongan Ikuti Konferensi IMCAS

Saeful

sketsaindonesia – Indramayu  PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan telah mengambil langkah inovatif dalam mendukung gerakan peduli lingkungan dengan mengikuti konferensi International Multidisciplinary Conference of Applied Sciences (IMCAS) 2023.

Konferensi ini diselenggarakan oleh konsorsium Politeknik Negeri se-Indonesia, dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai tuan rumah.

Konferensi berlangsung selama dua hari, pada 18-19 November 2023, mengumpulkan 519 peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Fokus utama konferensi adalah pada tema “Applied Sciences for Sustainable Earth and Environment”.

Perwakilan Kilang Pertamina Balongan adalah gugus Continuous Improvement Program (CIP) Wiralodra, yang memaparkan makalah tentang optimalisasi pengelolaan sampah plastik melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sampah Wiralodra di Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Andromedo Cahyo Purnomo, Officer I CSR and SMEPP PT KPI RU VI Balongan dan anggota gugus CIP Wiralodra, menyampaikan bahwa nama Wiralodra berasal dari program TJSL (Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan) Bank Sampah Wiralodra yang diinisiasi tahun 2019.

Bank Sampah Wiralodra bertujuan menciptakan desa bebas sampah dengan mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah organik dan anorganik.

Program ini juga inovatif dengan mengubah sampah plastik menjadi produk kerajinan tangan yang berharga ekonomi, seperti plakat, kotak tisu, medali, dan jam dinding, menggunakan kompor minyak jelantah yang ramah lingkungan. Ini menunjukkan konsep Zero Waste dalam praktek.

Andromedo menekankan bahwa program ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengurangi timbunan sampah, dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, Bank Sampah Wiralodra juga mengelola sampah anorganik sebesar 300kg per bulan yang diubah menjadi pakan maggot.
Mohamad Zulkifli, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, mengungkapkan bahwa Gugus CIP Wiralodra merupakan implementasi nyata dari komitmen Pertamina dalam menjaga kelestarian lingkungan. Inisiatif ini berhasil mengurangi sampah plastik sebesar 64%, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Tim Penyusun Makalah Gugus CIP Wiralodra terdiri dari Andromedo Cahyo Purnomo, Mohamad Zulkifli, Muhamad Anis, Krisna Irawan, Doni Nurdiyanto, Wisnu Wisi Nugroho, Cahya Eka Saputra, Sri Sulastriyana, dan Nanda Tri Wibowo, menunjukkan dedikasi yang kuat dalam mendorong praktik keberlanjutan di lingkungan industri.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer