Ria Andari : “Efektif Dan Efisien, Itulah Tugas Kami”

Kota Metro, sketsaindonesia.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro jelaskan tugasnya untuk efektif dan efisien dalam penggunaan anggaran yang diberikan, Senin (04/11/2019).

Terkait pada pemberitaan sebelumnya, Pemerintah Daerah Kota Metro diduga tak taati amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Ria Andari, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro merespon berita tersebut.

“Mungkin karena kita memperoleh DID ya, 20,3 miliyar, sudah cukup untuk membiayai kegiatan kita di pendidikan, walaupun sesungguhnya struktur APBD nya hanya 2,6 . 20,3 ditambah dengan 2,6 , itu berarti kita hampir 23 miliyar,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan keseluruhan anggaran yang ada di Dinas Pendidikan.

“Yang untuk kegiatan fisik, non fisik dan rutin. Anggaran dinas pendidikan ini menjadi besar, pertama dapet dana dari BOS itu 15,9 miliyar, kemudian dana DAK SD sama SMP itu hampir 12,6 miliyar, jadi keseluruhan anggaran pendidikan ini 53 miliyar, dan SKB 973 juta, PAUD 239 juta, BOP 252 juta, artinya keseluruhan anggaran di dinas pendidikan Rp.53.344.000.000,-  ,” jelas Ria.

Ria Andari juga membenarkan, jika dilihat dari struktur APBD, anggaran yang diperuntukkan pada Dinas Pendidikan 20% dari APBD.

“Memang kalau dilihat dari struktur APBD nya, anggaran murni APBD kita hanya mendapat 2,6 , itu yang menjadi masalah kemarin, dewan mempermasalahkan. Kalau dilihat dari amanat undang-undang, bahwa anggaran pendidikan 20%, dari APBD,” katanya.

“Pada prinsipnya dinas pendidikan, berapa pun anggaran yang diberikan pada kami, kami siap bekerja, dan memaksimalkan hasil yang ada. Dan alhamdulillah, dalam perjalanan juga kita bisa menggunakan anggaran ini maksimal, kalau bicara kurang, ya orang akan kurang terus, tapi kalau bagaimana menggunakan anggaran yang sedikit, tapi efektif dan efisien itulah tugas kami,” ungkap Ria Andari. (Rda/Chard).


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *