Pemerintah Kota Metro Antisipasi Melonjaknya Angka Pengangguran


METRO, Sketsaindonesia.id – Pemerintah Kota Metro mempersiapkan kebijakan peluang untuk mengatisipasi pengangguran didaerahnya. Diantaranya: pelayanan info pasar kerja melalui bursa kerja Online (BKOL) dan penerbitan kartu tenaga kerja luar negeri Online serta job convassing. Itu dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja.

Dikatakannya, ketenaga kerjaan merupakan isu nasional yang merupakan persoalan mendasar kesejahteraan sosial masyarakat. “Kita secara nasional menghadapi kondisi demografis berupa berlebihanya angkatan kerja.”Kalau kita lalai memperhatikan kondisi itu, maka akan menjadi bencana, termasuk didaerah kita,”ucap Walikota Metro A.Pairin, di pemkot, Jumat (5/4/2019).

Untuk itu kita harus mempersiapkan dan membekali putra-putri kita untuk mampu bersaing melalui pendidikan dan keterampilan, dan pada saat yang sama memfasilitasi perluasan lapangan pekerjaan bagi mereka.

Menurut Walikota Metro A.Pairin tingginya angkatan kerja dan usia produktif harus ditangkap sebagai peluang dengan mempersiapkan kebijakan sarana, prasarana, sampai dengan program dan kegiatan yang berpihak pada penyaluran angkatan kerja.

Makanya dibuatlah program pelayanan Info Pasar Kerja melalui bursa kerja online.  “Melalui info pasar kerja itulah berpeluang untuk meminimalir pengangguran di Kota Metro,”ujarnya.

Selain itu, juga penerbitan kartu tenaga kerja luar negeri. “Bagi masyarakat kota yang ingin menjadi TKI sudah terdaftar dan tercatat dalam registerasi di Dinas Tenaga Kerja,”ucapnya. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *